PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI SASHA DENGAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI : 10.30863/iebjournal.v6i2.7636
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui khususnya bagi pengguna pasta gigi di Kabupaten Bone, pengaruh Islamic branding terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek Sasha, dengan brand loyalty sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dalam penelitian lapangan. Populasi penelitian adalah masyarakat pengguna pasta gigi Sasha di Kabupaten Bone. Seratus partisipan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam non-probability sampling untuk dijadikan sampel penelitian. Responden diberikan kuesioner skala Likert sebagai bagian dari proses pengumpulan data. Selanjutnya, informasi dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak Excel, pengujian model eksternal dan internal, dan pada akhirnya, pengujian hipotesis melalui penggunaan program smart-pls. Berdasarkan temuan penelitian, (1) Islamic branding secara signifikan dan menguntungkan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. (2) Brand loyalty dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Islamic branding. (3) Keputusan pembelian dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh Brand loyalty. (4) Melalui Brand loyalty, Islamic branding mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara signifikan dan menguntungkan.
The aim of this research is to find out, especially for toothpaste users in Bone Regency, the influence of Islamic branding on the decision to purchase Sasha brand toothpaste, with brand loyalty as an intervening variable. This research uses quantitative techniques in field research. The research population is people who use Sasha toothpaste in Bone Regency. One hundred participants were selected using a purposive sampling technique in non-probability sampling to become the research sample. Respondents were given a Likert scale questionnaire as part of the data collection process. Next, information is collected and analyzed using Excel software, external and internal model testing, and finally, hypothesis testing through the use of the smart-pls program. Based on research findings, (1) Islamic branding significantly and beneficially influences consumer purchasing decisions. (2) Brand loyalty is positively and significantly influenced by Islamic branding. (3) Purchasing decisions are influenced positively and significantly by brand loyalty. (4) Through brand loyalty, Islamic branding influences consumer purchasing decisions significantly and profitably.
- Abdurahman, D. (2011). Metodologi Penelitian Sejarah Islam. Penerbit Ombak, 226.
- Andrian, N. (2016). Jurnal Economix Volume 4 Nomor 2 Desember 2016. 4, 71–78.
- Baker, A. (2010). Pengaruh Islamic Branding Image Dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bprs Dinar Ashri Mataram).
- Dhika Amalia Kurniawan, D. A. K., & Mohammad Zaenal Abidin, M. Z. A. (2018). Pengantar Pemasaran Islam.
- Frenredy, W., & Dharmawan, P. (2020). Dimensi Brand Image Untuk Memprediksi Brand Love Dan Brand Loyaty. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 1005–1014.
- Harahap, T., Massie, J. D. D., & Tawas, H. N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek Pada Produk Sari Roti (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4), 455–466.
- Hidayah, N. L. (2021). Pengaruh Harga, Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Kemudahan Penggunaan Dan Selebriti Pendukung Terhadap Minat Pembelian Pasta Gigi Sasha Di Lazada. Iain Kudus.
- Indahsari, A. N. U. R., & Rohimat, A. M. (2023). Pengaruh Islamic Branding, Iklan Islami, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pasta Gigi Sasha Siwak Melalui Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening. Uin Surakarta.
- Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Vol. 1, Issue 2). Jilid.
- Lumba, M. G. (2019). Peran Brand Love Terhadap Brand Loyalty Dan Willingness To Pay Premium Price Pada Pembeli Iphone Di Surabaya. Agora, 7(1).
- Pril, D. W. (2013). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Stretegi Menarik Minat Beli Konsumen. Jbma, I(2), 10.
- Ranto, D. W. P. (2016). Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2).
- Romadhoni, K., & Mus’if, A. (2022). Islamic Branding Dalam Pandangan Tokoh Agama Kota Bangkalan. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(2), 64–78.
- Romdhoni, A. H., Sumadi, S., & Firdaus, T. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Label Halal Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Pasta Gigi Halal Sasha Siwak Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), 2261.
- Safrina, D. (2021). Pengaruh Islamic Branding , Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Minimarket Wakaf Al-Khaibar Jalan Tata Surya Kota Malang ( Studi Pada Warga Kecamatan Lowokwaru ).
- Setiawan, A., Rofingatun, S., & Patma, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(2), 35–48.
- Suhartopo, R., & Djoko Waluyo, H. (2020). Pengaruh Brand Awareness Dan Customer Behavior Terhadap Keputusan Penggunaan Taksi Kosti Semarang/81/Bisnis/2020. Faculty Of Social And Political Science.
- Suhelmi, A. (2001). Pemikiran Politik Barat. Gramedia Pustaka Utama.
- Wahyudi, D. (2021). Pengaruh Islamic Branding Dan Islamic Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pasta Gigi Sasha Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Tambang. /
- Wulmurtiah, A. (2022). Tourism Destination Branding Analisis Starategi Branding Wisata Ramah Muslim: Study Kasus Gunung Bromo Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.