PENGARUH LEGALITAS FORMIL DAN BRAND IMAGE TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN (STUDI PADA MUZAKKI AS-SIDDHIQ CARE MITRA DOMPET DHUAFA DI KAB.BONE)
DOI : 10.30863/iebjournal.v6i2.7635
Muzakki As-Siddhiq Peduli merupakan lembaga filantropi yang bergerak di bidang penyaluran zakat, infak, dan sedekah (ZIS) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Peduli bermitra dengan Dompet Dhuafa dalam menyalurkan ZIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh legalitas formal dan citra merek terhadap pengambilan keputusan muzaki di Care Mitra Dompet Dhuafa di Kabupaten Bone. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa legalitas formal dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan muzaki di Care Mitra Dompet Dhuafa Kabupaten Bone sebesar 63,1% pada pengambilan keputusan, sedangkan 36,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel di luar perusahaan. model. Implikasi dari penelitian ini adalah penting bagi Care untuk meningkatkan legalitas formal dan brand image guna meningkatkan kepercayaan muzaki dan meningkatkan pengambilan keputusan muzaki untuk memberikan zakat.
Muzakki As-Siddhiq Care is a philanthropic institution engaged in the distribution of zakat, infaq, and alms (ZIS) in Bone Regency, South Sulawesi. Care partners with Dompet Dhuafa in distributing ZIS. This study aims to determine the influence of formal legality and brand image on muzaki decision-making in Care Mitra Dompet Dhuafa in Bone Regency. The research method used is quantitative with data collection techniques through questionnaires. The data were analyzed using multiple linear regression and using the help of the SPSS application. The results of the study showed that formal legality and brand image had a positive and significant effect on muzaki decision-making at Care Mitra Dompet Dhuafa in Bone Regency by 63.1% on decision-making, while the other 36.9% were influenced by variables outside the model. The implication of this study is that it is important for Care to improve formal legality and brand image in order to increase the trust of muzaki and improve muzaki decision-making to give zakat
- Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569
- Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).
- Ginting, N. F. H. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.
- Kadek, N., Sri, A., Hukum, F., & Udayana, U. (2023). Legalitas Formil Penerbitan Perppu Cipta Kerja : Kajian Atas Subjektivitas Presiden Di Tengah Oversized Coalition. 11(4), 714–728. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i04.p01
- Kasman Pandiangan, Masiyono, Y. D. A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EQUITY : BRAND TRUST , BRAND IMAGE , PERCEIVED QUALITY , & BRAND. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4
- Khasan, M. (2017). Prinsip-Prinsip Keadilan Hukum Dalam Asas Legalitas Hukum Pidana Islam (Justice Principles in The Principle of Legality of Islamic Criminal Law). Rechtsvinding Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(1), 25–25.
- Kotler, Philip, and K. L. K. (2009). Menejemen Pemasaran. 22–60.
- Kuhp, D. R. U., & Tabiu, R. (2015). PERTENTANGAN ASAS LEGALITAS FORMIL DAN MATERIIL. 2, 28–36.
- Mahyarni, M. (2013). THEORY OF REASONED ACTION DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17
- Muzaki, A. (2022). Peningkatan Repurchase Intention Melalui Costumer Satisfaction , Brand Image , Product Quality Dan Brand Trust Sepeda Motor Honda Di Semarang Melalui Costumer Satisfaction , Brand Image , Product Quality Dan Brand Trust.
- Novitasari, N. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Fashion. (Studi Empiris Pada Brand Fashion Erigo) (Vol. 4). Muhammadiyah Magelang.
- Okto Viandra Arnes. (2022). Maslahah dan Efektifitas Pada Zakat Online Melalui Aplikasi Kitabisa: Sebuah Analisis Hukum. Jurnal Penelitian Agama, 23(2), 213–230. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i2.2022.pp213-230
- Sabri, A. (2013). Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ta Lim Journal, 20(2), 373–379. https://doi.org/10.15548/jt.v20i2.34
- Sarah Lutfiyah Nugraha, I. Y. F. (2021). Peran e-wallet dalam penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (Studi kasus pada ovo, go-pay, dana, dan link-aja). Jurnal Business and Banking, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i12590
- Siti Masitoh Hasibuan, Andri Soemitra, Y. S. J. N. (2021). Analisis Keputusan Muzakki Melaksanakan Pembayaran Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Di Sumatera Utara. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 3(2), 153–167. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v3i2.3475
- Suharli, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Muzakki Menjadi Nasabah Di BAZNAS Kota Makassar. Jurnal Kajian Ekonomi Syariahkajian Ekonomi Syariah, 5(1), 1–26.
- Widayati, L. S. (2011). Perluasan asas legalitas dalam ruu kuhp. 2, 307–328.
- Zainab. (2020). Legalitas Formil dan Legalitas Subtantif Lembaga Amil Zakat Tradisional (Studi Kasus Di Baitul Maal Masjid Jokokariyan Yogyakarta.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.