STRATEGI PENGEMBANGAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) BMT LUBUK LINTAH KOTA PADANG

ANNISA SURYANI OKTAPIA* -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
AHMAD WIRA -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
AIDIL NOVIA -  Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI : 10.30863/iebjournal.v6i2.7607

Lembaga keuangan syariah harus berupaya meningkatkan kreativitas dalam menjaga lembaga keuangannya. Salah satu lembaga keuangan syariah yang ada di Lubuk Lintah adalah KJKS (Koperasi Jasa Keuangan Syariah) BMT (Baitul Mal wa Tamwil) Desa Lubuk Lintah. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan beberapa strategi pengembangan BMT Lubuk Lintah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data yang berasal dari lapangan (field study), sumber data yang digunakan adalah: pertama, sumber primer yaitu hasil wawancara dengan pengurus BMT Lubuk Lintah, kedua: sumber sekunder yaitu dari OJS (Open Journal System ) berbasis buku dan artikel terkait tema BMT. Penelitian ini menemukan bahwa metode strategis dalam pengembangan BMT Lubuk Lintah adalah optimalisasi pelayanan, penentuan segmentasi pasar, melakukan kegiatan pemasaran sesuai target pasar, sosialisasi kepada masyarakat, margin hanya 1,5%, dan rekreasi akhir tahun.

 

Islamic financial institutions must strive to increase creativity in maintaining their financial institutions. One of the Islamic financial institutions in Lubuk Lintah is KJKS (Sharia Financial Services Cooperative) BMT (Baitul Mal wa Tamwil) Lubuk Lintah Village. This article aims to outline some of the development strategies of BMT Lubuk Lintah. The research method used is qualitative with data from the field (field study), the data sources used are: first, primary sources, namely the results of interviews with BMT Lubuk Lintah administrators, second: secondary sources, namely from OJS (Open Journal System) based on books and articles related to BMT themes. This study found that the strategic methods in the development of BMT Lubuk Lintah are service optimization, market segmentation, conducting marketing activities according to the target market, socialization to the community, margin of only 1.5%, and year-end recreation.

Keywords
Strategy, Developer, BMT
  1. Adhiem, S. H. P. M. A. (2019). Development Strategy for Baitul Mal Wattamwil (Bmt) Asan Alternative Financial Institution To Support Micro, Small, and Medium Enterprises. Kajian, 24(2), 103–112. http://www.
  2. Agusti, M. Z. M. L. N. (2019). SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH (KJKS) DI KOTA PADANG: DILEMA ANTARA PENGELOLAAN DAN PEMAHAMAN KONSEP. Jurnal Ilmiah Syiar, 19(Januari), 1–23.
  3. Aini, A. N. (2015). Pengaruh Tingkat Margin Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah Di Bmt Ugt Sidogiri Cabang Waru Sidoarjo. El-Qist: Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 5(1), 943–962. https://doi.org/10.15642/elqist.2015.5.1.943-962
  4. Akbar, M. I. M. N. (2019). a Potential of Baitul Mal Wa Tamwil (Bmt) in Developing the Border Area of Indonesia - Malaysia. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 11(1), 97–116. https://doi.org/10.15408/aiq.v11i1.6834
  5. Arafat, F. (2020). Eksistensi BMT sebagai Baitul Maal Wat Tamwil dan Problematika Hukumnya. el-Qist : Journal of Islamic Economics and Business (JIEB), 10(1), 89–104. https://doi.org/10.15642/elqist.2020.10.1.89-104
  6. Damayanti, D. D. (2021). Effect of Service Quality on Customer Satisfaction at BMT Mandiri Sejahtera, Sekapuk Branch. Jurnal Mantik, 4(1), 1–7. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/882/595
  7. Djohar, A. S. M. N. S. (2018). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Kasus pada BMT Tawfin Jakarta). Al-Muzara’ah, 5(1), 21–36. https://doi.org/10.29244/jam.5.1.21-36
  8. Faisol, N. R. (2021). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Maslahah Lil Ummah Al-Mubarok Dalam Mengembangkan Produktivitas Umkm Di Masa Pandemi Virus Corona Tahun 2020. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 144–154. https://doi.org/10.53515/lantabur.2021.2.2.144-154
  9. Hamzah, H. Z. R. Z. (2013). Analysis Problem of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Operation in Pekanbaru Indonesia Using Analytical Network Process (ANP) Approach. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3(8). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v3-i8/138
  10. Ismanto, K. (2015). Pengelolaan Baitul Maal Pada Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Di Kota Pekalongan. Jurnal Penelitian, 12(1), 24. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i1.641
  11. Kurnia, N. H. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan di BMT Al-Falah Sumber Cirebon. Al-Amwal, 9(2), 272–286.
  12. Manggala, S. N. P. M. A. I. I. (2023). Analisa Perencanaan Strategi BMT Nahdhatul Ummah Ciasem dengan Menggunakan Metose IFAS-EFAS. Bandung Conference Series: Sharia Economic Law, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.29313/bcssel.v3i1.5223
  13. Monika, F. N. L. M. B. W. E. D. R. L. (2021). Transforming the Baitul Maal Wal Tamwil Business Model through the Patform Design Model. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012050. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012050
  14. Mu’allim, A. (2003). Persepsi Masyarakat terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Al-Mawarid, 10, 17–31. https://doi.org/10.20885/almawarid.vol10.art2
  15. Nawawi, I. (2009). Ekonomi Kelembagaan Syariah: Dalam Pusaran Perekonomian Global sebuah Tuntutan dan Realitas. Putra Media Nusantara.
  16. Novitasari, T. (2019). Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Pengawasan Lembaga Baitul Maal wa Tamwil (BMT): Studi Kasus BMT Global Insani. Undang: Jurnal Hukum, 2(1), 119–145. https://doi.org/10.22437/ujh.2.1.119-145
  17. Nurlaeli, U. Z. F. I. (2023). Collateral Functions in Baitulmal Wal Tamwil ( Bmt ) Positive Legal Perspective And Sharia Economic Law ). 21(1), 1–14.
  18. Qomariah, N. (2018). PENGARUH PROGRAM KOPERASI, KEMAMPUAN SUMBERDAYA MANUSIADAN PARTISIPASI ANGGOTA TERHADAP KEBERHASILANKOPERASI SIMPAN PINJAM SYARIAHBMT USAHA GABUNGAN TERPADUSIDOGIRI PASURUAN. Ekonomika45, 6, 12–26.
  19. Rafidah. (2014). ANALISIS KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH KOTA JAMBI. Nalar Fiqh, 9, 1–25.
  20. Ridho, M. M. Y. U. A. F. (2017). The Sustainability of Bayt Al-Maal Wa Al-Tamwil’s Contribution to Yogyakarta Citizen. ICoSi, 12(2).
  21. Ridwan, M. (2011). Manajemen Baitul Maal wa Tamwil. UII Press.
  22. Rusydiana, A. S. (2016). ANALISIS PROBLEM PENGEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA: APLIKASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS. ESENSI, 6(2). https://doi.org/10.15408/ess.v6i2.3573
  23. Soemitra, A. (2009). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Kencana.
  24. Soemitra, P. A. (2022). Studi Literature Strategi BMT Dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat Berbasis Masjid. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(3), 584–598. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i3.941
  25. Suhono, R. C. D. N. D. (2023). Analisis Komparatif Pembiayaan Murabahah Pada Baitul Maal Wal Tamwil ( BMT ) Dan Perbankan Syariah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 1165–1174.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-11-24
Published: 2024-11-24
Section: Articles
Article Statistics: 137 65