Ada apa dengan mutu pelayanan fakultas di perguruan tinggi ? : Implementasi manajemen sumber daya manusia

Muhammad Azhar Burhanuddin* -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
H. Azhar Arsyad -  , Indonesia
H. Arifuddin Siraj -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia
Hj. St. Syamsudduha -  UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v1i1.633

This study discusses the Implementation of Human Resource Management in Improving the Quality of Service of the Tarbiyah and Teaching Faculty of UIN Alauddin Makassar, which aims to determine the process of implementing human resource management in improving the quality of services carried out by the Tarbiyah and Teaching Faculty of UIN Alauddin Makassar; describe the supporting factors and inhibiting factors in the implementation of human resource management in the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at UIN Alauddin Makassar; and found the results of the implementation of human resource management in improving service quality at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Alauddin Makassar. This research is a qualitative research using theological, managerial and sociological approaches. The data source of this study consisted of the Dean, Deputy Dean, Kabag. TU, Kasubag, several staff, and students. Data collection techniques used were in-depth interviews, observation and documentation study. Data Analysis Techniques use the technique of reducing, presenting, and verifying data or drawing conclusions. Data validity testing uses data triangulation techniques. The results showed that: 1) The process of implementing human resource management in improving the quality of service at the Tarbiyah and Teaching Faculty of UIN Alauddin Makassar, showed that it was in accordance with standards or regulations. 2) While the supporting factors, namely the Stakeholders fully support the policies and programs of the faculties with a collective system of cologists, training soft skills and hard skills, giving the widest possible space for self-development, the availability of arts stage facilities and sports week and good collaboration with the management of the institution student affairs. The inhibiting factors are budget constraints, regulations, communication affordability, senior employees who need special jobs, and if the central server is down. 3) The quality of service management at the Tarbiyah and Teaching Faculty of UIN Alauddin Makassar turns out to show better development, but it still requires optimal coaching efforts so that the quality of service management exceeds customer expectations.


Kajian ini membahas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perbaikan Mutu Pelayanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, yang bertujuan untuk mengetahui proses implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan yang dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar;  mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen sumber daya manusia di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar; dan menemukan hasil implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan teologis, manajerial dan sosiologis. Sumber data penelitian ini terdiri dari Dekan, Wakil Dekan, Kabag. TU, Kasubag, beberapa orang Staf, dan Mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik Analisa Data menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi  data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) Proses implementasi manajemen sumber daya manusia dalam perbaikan mutu pelayanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, menunjukkan telah sesuai dengan standar atau aturan. 2) Sementara faktor pendukungnya yakni  Stakeholder mendukung sepenuhnya mengenai kebijakan dan program-program fakultas dengan sistem kolektif kologial, pelatihan soft skill dan hard skill, memberi ruang seluas luasnya untuk pengembangan diri, ketersediaan fasilitas panggung seni dan pekan olah raga dan kerjasama baik dengan pengurus lembaga kemahasiswaan. Faktor penghambatnya yakni keterbatasan anggaran, regulasi, keterjangkauan  komunikasi, pegawai yang sudah senior membutuhkan pekerjaan yang spesial, dan  jika server pusat mengalami gangguan. 3) Adapun mutu manajemen layanan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar ternyata menunjukkan perkembangan yang lebih baik, namun tetap masih diperlukan upaya pembinaan secara optimal agar mutu manajemen layanan melebihi harapan pelanggan.

  1. Saiful Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2004), h. 100.
  2. Tim Redaksi Kemenag, Peraturan Menteri Agama RI No.20 Thn 2014 tentang Statuta UIN Alauddin Makassar, (Jakarta, 2014), h. 27.
  3. Johannes Gunawan, Kebijakan Nasional Sistem Penjaminan Mutu Internal, (Jakarta: Kemenrisetdikti, 2017), h. 6.
  4. Tim Redaksi Sinar Grafika, Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015, tentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi (Jakarta: Sinar Grafika, 2013), h. 2.
  5. Nur Aedi, Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Gosyen, 2015), h.162.
  6. Kementerian Agama RI, Al-Qur’an Terjemahnya (Jakarta: PT. Tahazed, 2015) h. 273.
  7. Marwan bin Musa, Tafsir Al Qur’anil Azhiim (Isma’il bin Katsir)Maktabah Syamilahversi 3.45. h.237.
  8. Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Cet. IV; Bandung: CV. Alfabeta, 2008), h.205.
  9. Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam (Cet.XI; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004), h.51.
  10. Moh. Kasiram, Metode penelitian Kualitatif-Kuantitatif,(Malang: UIN Malang Press, 2008), h. 231.
  11. Marzuki, Metodologi Riset,(Yogyakarta: t.pn, 2008), h. 55.
  12. S. Nasution, Metode Research,(Jakarta: Bumi Aksara), h. 113.
  13. Husaini Usman, Metode Penelitian Sosial (Jakarta: Bumi Aksara, 1996), h. 54.
  14. Komaruddin, Kamus Istilah Skripsi dan Tesis (Bandung: Angkasa, 1999), h. 33.
  15. Muhammad Ali,Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi(Cet. III; Bandung: Angkasa, 1985). h. 85.
  16. Miles, M. B., Huberman, A. M. t.t. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi.(Jakarta: UI Press, 1992), h. 57..
  17. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2008), h. 247.
  18. Miles, M. B., Huberman, A. M. t.t. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi.(Jakarta: UI Press, 1992), h. 63.
  19. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D , (Cet. XX; Bandung: Alfabeta, 2014)h. 272.
  20. Emzir, Analisis Data; Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rajawali Press, 2010), h. 82.
  21. H. Muhammad Amri, Lc., M.Ag., Dekan, Wawancara, pada tanggal 27 Juni 2019.
  22. Saharuddin, Kepala Bagian Tata Usaha, Wawancara, pada tanggal 01 Juli 2019, Wawancara, pada tanggal 01 Juli 2019.
  23. Muljono Damopolii, M.Ag. Wakil Dekan I, Wawancara, pada tanggal 01 Juli 2019
  24. H. Syahruddin, M.Pd. Wakil Dekan III, Wawancara, pada tanggal 28 Juni 2019.
  25. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, diakses pada tanggal 07 Maret 2019, h. 2.
  26. Suryadi, Perilaku Anak Usia Dini Kasus dan Pemecahannya, (Yogyakarta: Kanisius, 2003),h.16.
  27. Jumrah, S.Ag., Kepala Sub Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Dan Alumni, Wawancara, pada tanggal 28 Juni 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-01-30
Published: 2020-07-10
Section: Articles
Article Statistics: 351 405