Konsep Pendidikan Ibnu Sina tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, dan Guru

Idris Rasyid* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v18i1.368

Abstrak

Ibnu Sina atau Evicienna adalah merupakan salah satu tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam khazanah keilmuan dalam Islam khususnya yang berkaitan dengan pendidikan Islam. Disamping itu, pemikiran Ibnu Sina mengenai pendidikan secara terstruktur dari tujuan, kurikulum, metode pembelajaran dan guru atau pendidik ialah faktron daripada unsur-usur determinan dalam pendidikan. Oleh karena itu, pemikiran Ibnu Sina dapat dijadikan acuan penting dalam memajukan dunia pendidikan. Dalam pandangan lain, bahwa hasil pemikiran Ibnu Sina tidak lain merupakan pengalaman hidupnya dalam menemukan ilmu pengetahuan yang sangat luas kemudian dituangkan kedalam media tulis dan menjadi sumber primer ilmu pengetahuan pada masanya. Dalam kaitan ini, kajian yang telah dipaparkan adalah salah satu asumsi menggali sumber primer tersebut dari khazanah keilmuan Ibnu Sina.

Abstract

Ibnu Sina or Evicienna is one of the figures who has a major contribution in the treasures of science in Islam, especially those related to Islamic education. Besides that, Ibn Sina's thinking about education in a structured manner from goals, curriculum, learning methods and teachers or educators is factron rather than determinant elements in education. Therefore, the thought of Ibn Sina can be used as an important reference in advancing the world of education. In another view, that the results of Ibn Sina's thoughts were nothing but his life experience in discovering vast knowledge and then poured into written media and became the primary source of knowledge in his time. In this connection, the study that has been presented is one of the assumptions of exploring these primary sources from Ibn Sina's scientific treasures.

Keywords
Ibnu Sina; Konsep Pendidikan; Kurikulum; Evicienna; Metode Pembelajaran; Guru;
  1. Al-Jumbulati, Ali, H M Arifin, and Abdul Futuh At-Tuwaanisi. Perbandingan Pendidikan Islam. PT Rineka Cipta, 1994.
  2. al-Shahrastani, Muhammad ibn’Abd al-Karim, and Asywadie Syukur. Al-Milal Wa Al-Nihal: Aliran-Aliran Teologi Dalam Sejarah Umat Manusia. Bina Ilmu, 2005.
  3. Amin Abdullah, Mohd. Falsafah Kalam Di Era Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
  4. Assegaf, Abdur Rahman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif. Rajawali Pers, 2011.
  5. Idris, Saifullah, and Z A Tabrani. “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam.” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2017): 96–113.
  6. Jalaluddin, and Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1999.
  7. Langgulung, Hasan. Manusia Dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi, Filsafat Dan Pendidikan. Al Husna Zikra, 1995.
  8. Mas’ ud, Abdurrachman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik:(Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam). Gama Media, 2002.
  9. Mustofa, Ahmad. Filsafat Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
  10. Nasution, Harun. Falsafat Dan Mistisisme Dalam Islam, Cet. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
  11. ———. “Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya.” UI Press, Cetakan V, 1985.
  12. Nata, Abuddin. “Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam: Kajian Filsafat Pendidikan Islam.” Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000.
  13. Putra, Aris Try Andreas. “Pemikiran Filosofis Pendidikan Ibnu Sina Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Kontemporer.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 6, no. 2 (2016): 191–201.
  14. Sirajuddin, Zar. Filsafat Islam: Filosof Dan Filsafatnya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2004.
  15. Smith, Huston, and M Darrol Bryant. Essays on World Religion. Paragon House Publishers, 1992.
  16. Susilo, Madyo Eko, and R B Kasihadi. Dasar-Dasar Pendidikan. Semarang: Effhar, 2001.
  17. Yunus, Mahmud, and Muhammad Qasim Bakri. Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim. Padang Panjang: Mathba’ah, 1942.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-07-24
Published: 2019-07-24
Section: Articles
Article Statistics: 6602 6128