Peran Pengawas dalam Meningkatkan Efektivitas Penggunaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Musbahaeri Musbahaeri* -  , Indonesia

DOI : 10.30863/ekspose.v18i1.367

Abstrak

Kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) perlu terus ditingkatkan karena PAI adalah mata pelajaran yang berorientasi pada pembentukan akhlak peserta didik khususnya sikap spiritual dan sosial. Salah satu hal yang berpengaruh dalam meningkatkannya adalah media pembelajaran. Guru PAI dituntut untuk menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran untuk membantunya dalam pelaksanaan pembelajaran. Media amat penting dalam mengantar dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi-materi PAI yang kompleks, apalagi materi pembelajaran yang terkait dengan hal-hal transenden. Pengawas PAI harus pula berperan aktif dalam efektivitas penggunaan dan pengembangan media pembelajaran PAI. Peran pengawas bisa diwujudkan dengan mengoptimalkan supervisi akademik, menjadi motivator untuk menggerakkan guru PAI dalam mengembangkan media, menjadi peneliti untuk melakukan pengembangan-pengembangan media, menjadi penilai untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran, menjadi konsultan untuk membantu menagtasi masalah yang dihadapi guru, menjadi sumber inspirasi agar guru terinspirasi dari peran serta pengawas, dan menjadi pelopor perubahan untuk melakukan kreasi dan inovasi pembelajaran.

Abstract

The quality of learning Islamic Education (PAI) needs to be improved because PAI is a subject oriented to the moral formation of students, especially spiritual and social attitudes. One of the things that has an effect on improving it is learning media. PAI teachers are required to use and develop learning media to assist them in implementing learning. The media is very important in delivering and facilitating students to understand complex PAI materials, especially learning materials related to transcendent things. PAI supervisors must also play an active role in the effectiveness of the use and development of PAI learning media. The role of supervisors can be realized by optimizing academic supervision, becoming a motivator to move PAI teachers in developing media, becoming researchers to carry out media developments, becoming an evaluator to evaluate the implementation of learning, becoming a consultant to help address problems faced by teachers, becoming a source of inspiration for teachers inspired by supervisory roles, and became a pioneer of change to make learning creations and innovations.

Keywords
Guru PAI; Media Pembelajaran PAI; Pengawas PAI
  1. Achmadi, Abu. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
  2. Arif, S Sadiman. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
  3. Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
  4. Burhanudin, Analisis Administrasi. Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
  5. Dimyati, Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
  6. Fathurrohman, Pupuh, and Aa Suryana. Supervisi Pendidikan Dalam Pengembangan Proses Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama, 2011.
  7. Hasanuddin, Sultan. “Pembinaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Yang Aktif Pada Organisasi Mahasiswa Iain Bone.” Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan 17, no. 1 (2019): 539–48.
  8. Indonesia, Presiden Republik. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, 79 (2003).
  9. Jasmani, Asf, and Syaiful Mustofa. “Supervisi Pendidikan Terobosan Baru Dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah Dan Guru.” Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2013.
  10. Marzuki. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah, 2015.
  11. Nasih’Ulwan, Abd Allah, Saifullah Kamalie, Hery Noer Ali, and Anwar Rasyidi. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam. Victorie Agencie, 1996.
  12. Permendiknas. Standar Pengawas Sekolah (2007).
  13. PMARI. Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (2012).
  14. Sabandi, Ahmad. “Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 13, no. 2 (2013): 1–9.
  15. Sudjana, Nana. Standar Mutu Pengawas (2006).
  16. Suharsaputra, Uhar. Supervisi Pendidikan: Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja. Bandung: PT. Refika Aditama, 2018.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-07-24
Published: 2019-07-24
Section: Articles
Article Statistics: 392 455